Sejarah Bisnis dan Misi Mulia dalam Industri Kecantikan
Sejarah Bisnis Aisyq dan Misi Mulia dalam Industri Kecantikan
Terimakasih,
Aisyq Sunnah Cosmetics
-Cantik itu yang Ta’at pada Ilahi-
Aisyq Sunnah Cosmetics |
Mengenal Aisyq Sunnah Cosmetics
Aisyq Sunnah Cosmetics merupakan perusahaan penyedia kosmetik berbasis herbal sunnah. Berlokasi di Yogyakarta dan masih dikelola dalam format usaha rumahan. Saat ini, Aisyq Sunnah Cosmetics mendistribusikan produk skincare dari Fabil Skin yang memiliki kesamaan value. Dimana Fabil Skin ini mengusung tema Green Science, yaitu mengkombinasikan antara botani dan healthy ingredients. Hal ini berarti bahwa kandungan dari Fabil Skin hanya berasal dari bahan aman, alami dan herbal serta memastikan bebas dari bahan berbahaya seperti parabens, SLS, alcohol, parfume dan harmful chemicals.
Selain itu, Aisyq Sunnah Cosmetics turut mendukung perusahaan kosmetika yang mengutamakan kehalalan kandungan, baik dari zatnya maupun proses pembuatannya. Sehingga, Aisyq berusaha memberikan jaminan HALAL pada setiap produk yang dimiliki.
Visi Aisyq Sunnah Cosmetics
Sebagai perusahaan yang masih dalam fase bertumbuh, Aisyq sangat menyadari belum memiliki manajemen perusahaan seperti layaknya perusahaan professional. Namun Aisyq sangat menyadari harus ada usaha pembenahan kearah tersebut. Sangat sederhana sebenarnya, alasan yang mendasari lahirnya perusahaan ini. Lina Ibune Azzam, pendiri perusahaan Aisyq Sunnah Cosmetics ingin menghidupkan gerakan hijrah ke kosmetik halal. Sehingga akhirnya Aisyq mencoba mencanangkan visi perusahaan menjadikan perempuan Indonesia sadar skincare atau kosmetik halal dan sunnah pada tahun 2021.
Baca juga 3 Tips Panduan Memilih Kosmetik Halal
Misi Aisyq Sunnah Cosmetics
Untuk mewujudkan visi tersebut, maka beberapa hal yang akan dilakukan Aisyq sebagai misi perusahaan adalah;
• Dakwah dalam dunia kecantikan (mengedukasi para perempuan Indonesia khususnya yang Muslimah untuk lebih perhatian terhadap kandungan pemakaian kosmetiknya)
• Memprioritaskan mitra perusahaan kosmetik yang memiliki core value yang selaras (halal, alami, berbahan dasar herbal dan tanpa zat berbahaya)
• Membangun budaya cantik yang ta’at (be qonita)
• Mengembangkan budaya merawat kulit (skin care)
• Turut menjaga dan merawat bumi (earth care)
Company Value
Keimanan – Keta’atan Hukum Syariah – KebermanfaatanSekilas tentang industri kosmetik
Dewasa ini industri kosmetik semakin berkembang pesat. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor tentunya. Salah satunya karena para pengguna kosmetik sudah semakin sadar akan penampilan. Penampilan yang baik pastinya akan menjadi poin penilaian tersendiri, termasuk dapat meningkatkan kepercayaan diri penggunanya. Sehingga, faktanya bahwa produk-produk kosmetik menduduki kebutuhan pokok selain kebutuhan sandang, pangan dan papan.
Sejak tahun 2016, industri kosmetik khususnya di Indonesia memperlihatkan pertumbuhan pangsa pasar yang cenderung meningkat dari tahun ke tahunnya. Prosentase pertumbuhan bahkan mencapai angka 7%. Seperti yang dinyatakan oleh Nielsen pada tahun 2018, pasar produk kecantikan meningkat sebesar 7% dengan nilai setara Rp. 40 Trilliun. Tentu hal ini di satu sisi menjadi kabar gembira bagi pelaku usaha kecantikan disamping akan mendorong tingkat persaingan yang tinggi pula.
Dalam dunia industri kosmetik nampaknya nama besar Wardah Cosmetics telah diakui sebagai pioneer produk kosmetik halal. Tak hanya produk yang bersifat riasan (make up), namun kini Wardah telah mengembangkan ke bidang perawatan kulit wajah dan rambut. Kebesaran Wardah ini bukanlah hasil dari usaha sekejap, namun telah melalui puluhan tepatnya 33 tahun proses panjang yang memperkaya dan mendewasakan perusahaan Wardah.
Perusahaan Wardah telah berdiri sejak tahun 1995 oleh ibu Nurhayati Subakat, dan saat ini berada dalam naungan PT. Paragon Technology and Innovation (PTI). Awalnya perusahaan ini juga bermula dari home industry. Hingga perjalanan waktu demi waktu, mengantarkan proses Wardah menjadi perusahaan kosmetika ternama di Indonesia.
Belajar dari perjalanan dan kisah sukses PTI ini kemudian membawa kita kepada kesimpulan bahwa untuk menjadi perusahaan yang besar dan mencapai level multinasional, maka diperlukan kerja keras, kerja cerdas, kesabaran dan kesiapan menerima proses demi prosesnya. Selalu ada hikmah di dalam setiap cerita keberhasilan sebuah usaha.
Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari pengalaman, loyalitas dan kegigihan – Colin Powell
Tantangan Pemasaran Bisnis Kecantikan
Semakin besar peluang bisnisnya maka berbanding lurus dengan tantangan yang mengikuti. Ini hukum alam dalam dunia bisnis. Sehingga sebagai pelaku usaha dibutuhkan daya tahan dan kesiapan baik materi maupun moriil dalam rangka menghadapi tantangan tersebut. Kondisi ini pula telah dipahami oleh Aisyq Sunnah Cosmetics. Dimana, Aisyq mulai menata persiapan untuk menghadapi tantangan yang akan menghampiri didalam perjalanan perkembangan usaha kedepan.
Tantangan terbesar yang mungkin akan muncul adalah kualitas produk. Dimana, pasar domestik premium menunjukkan permintaan yang tinggi akan produk kosmetik atau skincare dengan kualitas premium pula. Hal ini lah yang mendasari Aisyq berkomitmen untuk menyediakan produk kosmetik/skincare yang benar-benar terjamin kualitasnya, bahkan tidak kalah dari produk-produk kosmetik impor high branded. Komitmen ini menuntut Aisyq untuk cermat menelusur produsen kosmetik rekanan yang memenuhi standar bahan baku dan value dari Aisyq.
Bahan Baku Kosmetik Halal |
Standarisasi Bahan Baku Kosmetik Versi Aisyq
Sebagai upaya mengutamakan kebutuhan customer akan kesediaan kosmetik dengan bahan baku kosmetik yang aman, alami dan berbahan herbal, maka Aisyq menetapkan hanya akan bekerjasama dengan produsen kosmetik yang menggunakan bahan baku herbal dalam industri kecantikannya.
Secara ringkas, standarisasi kosmetik yang ditentukan oleh Aisyq adalah sebagai berikut:
Secara ringkas, standarisasi kosmetik yang ditentukan oleh Aisyq adalah sebagai berikut:
1. Terjamin HALAL (halal certified), baik dari zatnya maupun proses produksi, hingga kemasan dan juga aktivitas turunan berikutnya. Hingga memastikan sampai ke tangan customer dengan cara yang halal pula.
2. Berbahan baku herbal otentik baik dari keanekaragaman hayati Indonesia maupun herbal sunnah dari negara Timur Tengah ( minyak zaitun, hulbah, habbatussauda’)
3. Bebas dari bahan kimia berbahaya (paraben, SLS, hydroquinon, mercury dan lain-lain)
4. Mendukung dakwah kecantikan, dengan menghimbau para Muslimah untuk merawat kulit dengan niat bentuk kesyukuran atas karunia Sang Pencipta, dan digunakan untuk keta’atan. Bukan untuk tabarruj (bersolek/berhias berlebihan dan cenderung memamerkannya kepada khalayak umum)
5. Memiliki konsentrasi pada upaya perawatan bumi sehingga memprioritaskan kemasan produk skincare/kosmetik yang memenuhi kaidah Go Green (reuse, recycle), sehingga turut berkontibusi pada gerakan Zero Waste dan penyelamatan Alam Semesta.
Lebih Dekat Dengan Aisyq Sunnah Cosmetics
Sejatinya cantik itu adalah perpaduan kondisi fisik yang indah dan sehat serta berhias adab yang mulia. Tujuan inilah yang memanggil Aisyq untuk turut mengambil peran dalam dunia industry kecantikan. Melalui misi dan ketentuan standarisasi yang telah diatur, maka Aisyq mantab untuk berkontribusi dengan menyediakan produk kosmetik / skincare yang baik dan tepat untuk para Muslimah. Bahkan kaum Adam pun dapat menggunakan skincare kami. Skincare yang aman baik untuk ibu hamil, menyusui dan anak-anak sekalipun.
Aisyq juga menyediakan layanan konsultasi gratis perihal mengetahui jenis kulit, serta membantu menemukan rangkaian skincare yang sesuai berdasarkan jenis kulit. Sehingga, customer dapat terhindar dari kesalahan over cost seperti yang umumnya terjadi ketika hanya membeli produk namun tidak disesuaikan dengan kebutuhan kulitnya.
Dengan demikian Anda dapat terhubung bersama Beauty Consultant Aisyq disini.
Aisyq Sunnah Cosmetics
-Cantik itu yang Ta’at pada Ilahi-
kosmetik halal
kosmetik halal dan murah
kosmetik halal korea
kosmetik halal malaysia
kosmetik halal menurut mui
kosmetik halal mui
kosmetik halal untuk ibu hamil
0 comments